Selamat datang di BLOG kami.... Kumpulan pendidikan yang mungkin bisa membatu untuk semua.

KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN



PENGERTIAN EVALUASI, PENILAIAN, DAN PENGUKURAN
  1. Pengukuran (measurement)
            Tindakan membandingkan sesuatu dengan  1 ukuran tertentu, dengan kata lain pengukuran adalah suatu kegiatan untuk mendapatkan informasi atau data secara kuantitatif.
  1. Penilaian (appraisal)
            Tindakan mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan penilaian baik dan buruk yang bersifat kualitatif.
  1. Evaluasi (asesmen)
            Suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan sesuatu program pendidikan, pengajaran, ataupun pelatihan yang telah dilaksanakan.
PERUMUSAN BEBERAPA AHLI TENTANG EVALUASI, PENILAIAN, DAN PENGUKURAN.
ì  Stufflebeam dan Shinkfield (1985) “Evaluasi is the systematic assessment of the worth or merit of some objects”
ì  Thorndike dan Hagen (1961) “Evaluasi berhubungan dengan pengukuran.”
ì  Sumarno, dkk. (2003:1) “Asesmen adalah suatu proses sistemik untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.”
ì  Nuryani (2003:1) “Asesmen berada pada pihak yang diakses dan digunakan untuk mengungkap kemajuan perorangan.”
ì  Zaenul dan Nasution (2001) “Pengukuran merupakan pemberian angka kepada suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang, hal, atau obyek tertentu menurut aturan atau formula yang jelas.”
ì  Lindeman (1967) “Pengukuran sebagai the assignment of one or a set of numbers to each of a set a persons or objects according to certain established rules.”
ì  Adams (1964) “pengukuran sebagai nothing morethan careful observations of actual performance under standard condititions.”
ì  Gronlund (1971) “Pengukuran sebagai measurement is limited to quantitative descriptions of pupil behavior.”
ì  Sax (1980) “Measurement the assignment of numbers to attributes of characteristics of persons, events, or object according to explicit formulation or rules.

KARAKTERISTIK UTAMA PENGUKURAN
Ü  Penentuan angka atau skala tertentu.
Ü  Penentuan angka didasarkan atas suatu aturan atau formula tertentu.

4 KATEGORI  SKALA ATAU ANGKA YAITU:
  1. Skala nominal
            Skala yang bersifat kategorial.
  1. Skala Ordinal
            Angka yang menunjuk adanya urutan tanpa mempersoalkan jarak antar urutan tersebut.
  1. Skala Angka Interval
            Angka yang menunjukkan adanya jarak yang sama dari angka yang berurutan, tapi tidak mempunyai Nol mutlak.
  1. Skala Nol Mutlak
            Skala tersebut memiliki Nol mutlak.



Related : KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN

0 Komentar untuk "KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN"

loading...