PENGERTIAN EVALUASI, PENILAIAN, DAN PENGUKURAN
- Pengukuran (measurement)
Tindakan membandingkan sesuatu dengan 1 ukuran tertentu, dengan kata lain pengukuran adalah suatu kegiatan untuk mendapatkan informasi atau data secara kuantitatif.
- Penilaian (appraisal)
Tindakan mengambil keputusan terhadap sesuatu dengan penilaian baik dan buruk yang bersifat kualitatif.
- Evaluasi (asesmen)
Suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan sesuatu program pendidikan, pengajaran, ataupun pelatihan yang telah dilaksanakan.
PERUMUSAN BEBERAPA AHLI TENTANG EVALUASI, PENILAIAN, DAN PENGUKURAN.
ì Stufflebeam dan Shinkfield (1985) “Evaluasi is the systematic assessment of the worth or merit of some objects”
ì Thorndike dan Hagen (1961) “Evaluasi berhubungan dengan pengukuran.”
ì Sumarno, dkk. (2003:1) “Asesmen adalah suatu proses sistemik untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik.”
ì Nuryani (2003:1) “Asesmen berada pada pihak yang diakses dan digunakan untuk mengungkap kemajuan perorangan.”
ì Zaenul dan Nasution (2001) “Pengukuran merupakan pemberian angka kepada suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh orang, hal, atau obyek tertentu menurut aturan atau formula yang jelas.”
ì Lindeman (1967) “Pengukuran sebagai the assignment of one or a set of numbers to each of a set a persons or objects according to certain established rules.”
ì Adams (1964) “pengukuran sebagai nothing morethan careful observations of actual performance under standard condititions.”
ì Gronlund (1971) “Pengukuran sebagai measurement is limited to quantitative descriptions of pupil behavior.”
ì Sax (1980) “Measurement the assignment of numbers to attributes of characteristics of persons, events, or object according to explicit formulation or rules.
KARAKTERISTIK UTAMA PENGUKURAN
Ü Penentuan angka atau skala tertentu.
Ü Penentuan angka didasarkan atas suatu aturan atau formula tertentu.
4 KATEGORI SKALA ATAU ANGKA YAITU:
- Skala nominal
Skala yang bersifat kategorial.
- Skala Ordinal
Angka yang menunjuk adanya urutan tanpa mempersoalkan jarak antar urutan tersebut.
- Skala Angka Interval
Angka yang menunjukkan adanya jarak yang sama dari angka yang berurutan, tapi tidak mempunyai Nol mutlak.
- Skala Nol Mutlak
Skala tersebut memiliki Nol mutlak.
0 Komentar untuk "KONSEP DASAR EVALUASI PEMBELAJARAN"