Selamat datang di BLOG kami.... Kumpulan pendidikan yang mungkin bisa membatu untuk semua.

PAR (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH ASSIGNMENT) “MEMBANGUN KESADARAN MASYARAKAT MELALUI PARTISIPASI DALAM MENGEMBANGKAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI WINDOW OF KNOWLEDGE (JENDELA ILMU PENGETAHUAN) DI MASJID JAMI’ DINOYO MALANG”



A.    Rencana Tindakan
1. Perencanaan Tindakan

a.    Skenario Tindakan Pembelajaran
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana kesadaran dan partisipasi masyarakat setelah diberi motivasi dan promosi. Kegiatan penelitian ini dimulai dari persiapan kegiatan yang akan dilaksanakan sebelum pelaksanaan yakni membuat rencana kegiatan yang terdiri dari skenario kegiatan, mencari tahu karakteristik masyarakat kemudian menentukan problem solving apa yang tepat dan sesuai keadaan perpustakaan dan karakter masyarakat. Setelah peneliti menemukan problem solving yang cocok, maka peneliti mulai melakukan penelitian tindakan di lapangan.
b.Alat / media
Yang dimaksud alat atau media dalam penelitian ini adalah sarana yang mendukung berlangsungnya proses kegiatan seperti buku-buku, perpustakaan, dan alat-alat atau sarana lain yang ada kaitannya dengan perencanaan kegiatan dan dapat mendukung keberlangsungan kegiatan.
c.  Personalia
Personalia pada penelitian ini adalah masyarakat sebagai obyek penelitian yaitu masyarakat sekitar Masjid Jami’ Dinoyo kecamatan luwokwaru kabupaten malang.

2. Pelaksanaan Tindakan

Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini meliputi pelaksanaan rencana yang telah disiapkan oleh peneliti untuk menerapkan kegiatan-kegiatan dalam rangka mengatasi maslah yang ada di Masyarakat Masjid Jami’ Dinoyo. Adapun kegiatan atau tindakan yang dilakukan di masyarakat adalah sebagai berikut;
a.       Menyampaikan tujuan kegitan
b.      Menyampaikan materi secara garis besar
c.        Kegiatan dalam rangka mengatasi masalah melalui kegiatan motivasi, promosi dan partisipasi. Setelah perencaan kegiatan sudah disiapkan, peneliti dan decision maker mengundang mereka untuk memberi arahan agar turut berpartisipasi.

3. Rencana Perekaman

Selama kegiatan berlangsung peneliti melakukan pengambilan data berupa hasil pengamatan Untuk memperoleh data yang akurat, maka peneliti menggunakan cara membuat catatan perkembangan masyarakat selama penelitian berlangsung. Tehnik pencatatannya adalah dengan melihat, mengamati lalu mencatat perkembangan masyarakat untuk mengetahui efektivitas penerapan kegitan yang telah dilaksanakan. Di samping itu peneliti juga melakukan pengambilan data berupa pendokumentasian kegiatan, sehingga dapat ditemukan suatu perbedaan antara masyrakat yang telah mengikuti motivasi dan masyarakat yang tidak mengikuti.
Adapun hal-hal yang perlu dicatat pada saat pengambilan data adalah sebagai berikut;
  1. Proses kegiatan masyarakat selama berlangsung yaitu keseriusan dan, keceriaan serta kekompakan mereka dalam menanggapi kegiatan yang ditampilkan.
  2. Hasil partisipasi masyarakat yang diperoleh dari kehadiran


4. Analisis dan Refleksia.      Prosedur Analisis

Peneliti harus menganalisis data yang diperoleh untuk memperoleh kepastian bahwa dengan motivasi dan promosi dapat melibatkan masyarakat partisipatif, aktif, serta dapat meningkatkan motivasi masyarakat dalam melestarikan budaya baca. Analisis data merupakan hal yang sangat penting, maka dalam menganalisis data perlu memperhatikan prosedur-prosedur dan tehnik-tehnik yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Prosedur tersebut adalah sebagai berikut : setelah data di lapangan diperoleh, peneliti mencatat semua data yang diperoleh bila perlu data tersebut diolah kemudian dianalisis. Hal ini diharapkan data tersebut dapat mewakili apa yang dicari oleh peneliti.  Untuk kemudian dapat digunakan untuk menyusun refleksi.

b.      Refleksi

Refleksi merupakan kegiatan interpretasi, integrasi terhadap semua informasi yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian atau tindakan. Setelah memperoleh data dan menemukan apa yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan dengan penggunaan metode motivasi dan promosiyang dapat meningkatkan budaya baca masyarakat di Desa Dinoyo Kecamatan luwokwaru kabupaten Malang, maka refleksi dilakukan dengan pengamatan secara konfensional, karena dengan strategi ini partisipan dan decision maker dituntut untuk cepat memahami serta tanggap dalam memberikan solusi.
Dari sini, maka peneliti sangat perlu untuk mengadakan refleksi atau kajian ulang dengan cara mengajak masyarakat dalam peminjaman dan menyumbang untuk mengetahui apakah strategi motivasi dan promosi ini dapat terus diterapkan ataukah hanya untuk sementara. Dan juga peneliti menanyakan tanggapan dan masukan masyarakat atas tindakan tersebut baik berupa observasi lapangan atau wawancara.

2.         Dampak Tindakan

Selain melakukan analisis dan refleksi, peneliti juga memperhatikan dan mencatat dampak dari tindakan sebelumnya dimana dengan adanya beberapa tindakan di atas mengakibatkan dampak baik bagi peneliti maupun bagi obyek yang diteliti (perpustakaan dan masyarakat).

1)      Bagi peneliti

Peneliti mengetahui penerapan strategi motivasi-promositerhadap peningkatan motivasi budaya baca masyarakat Dinoyo Malang serta mereka dapat mengaplikasikan apa yang telah di peroleh melalui tindakan kegitan ini.

2)      Bagi obyek peneliti


Ketika Strategi motivasi dan promosi diterapkan, masyarakat tidak lagi merasa bosan, canggung atau malas, tapi sebaliknya mereka akan semangat, giat serta terus termotivasi untuk mengembangkan budaya baca dalam kehidupan sehari-hari dan juga perpustakaan dapat menjadi tempat rekreasi, bermanfaat serta dapat berkembang.

Untuk halaman selanjutnya KLIK DISINI

0 Komentar untuk "PAR (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH ASSIGNMENT) “MEMBANGUN KESADARAN MASYARAKAT MELALUI PARTISIPASI DALAM MENGEMBANGKAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI WINDOW OF KNOWLEDGE (JENDELA ILMU PENGETAHUAN) DI MASJID JAMI’ DINOYO MALANG”"

loading...