A.
Rencana Tindakan
1. Perencanaan Tindakan
a.
Skenario Tindakan
Pembelajaran
Penelitian ini dimaksudkan untuk
mengetahui bagaimana kesadaran dan partisipasi masyarakat setelah diberi
motivasi dan promosi. Kegiatan penelitian ini dimulai dari persiapan kegiatan
yang akan dilaksanakan sebelum pelaksanaan yakni membuat rencana kegiatan yang
terdiri dari skenario kegiatan, mencari tahu karakteristik masyarakat kemudian
menentukan problem solving apa yang tepat dan sesuai keadaan perpustakaan dan
karakter masyarakat. Setelah peneliti menemukan problem solving yang cocok, maka peneliti mulai
melakukan penelitian tindakan di lapangan.
b.Alat / media
Yang dimaksud alat atau media dalam
penelitian ini adalah sarana yang mendukung berlangsungnya proses kegiatan
seperti buku-buku, perpustakaan, dan alat-alat atau sarana lain yang ada
kaitannya dengan perencanaan kegiatan dan dapat mendukung keberlangsungan
kegiatan.
c.
Personalia
Personalia pada
penelitian ini adalah masyarakat sebagai obyek penelitian yaitu masyarakat
sekitar Masjid Jami’ Dinoyo kecamatan luwokwaru kabupaten malang.
2. Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan
tindakan dalam penelitian ini meliputi pelaksanaan rencana yang telah disiapkan
oleh peneliti untuk menerapkan kegiatan-kegiatan dalam rangka mengatasi maslah
yang ada di Masyarakat Masjid Jami’ Dinoyo. Adapun kegiatan atau tindakan yang
dilakukan di masyarakat adalah sebagai berikut;
a.
Menyampaikan tujuan kegitan
b.
Menyampaikan materi secara
garis besar
c. Kegiatan dalam rangka mengatasi
masalah melalui kegiatan motivasi, promosi dan partisipasi. Setelah perencaan
kegiatan sudah disiapkan, peneliti dan decision maker mengundang mereka untuk
memberi arahan agar turut berpartisipasi.
3. Rencana Perekaman
Selama kegiatan berlangsung peneliti melakukan pengambilan data berupa
hasil pengamatan Untuk memperoleh data yang akurat, maka peneliti menggunakan
cara membuat catatan perkembangan masyarakat selama penelitian berlangsung.
Tehnik pencatatannya adalah dengan melihat, mengamati lalu mencatat
perkembangan masyarakat untuk mengetahui efektivitas penerapan kegitan yang
telah dilaksanakan. Di samping itu peneliti juga melakukan pengambilan data
berupa pendokumentasian kegiatan, sehingga dapat ditemukan suatu perbedaan
antara masyrakat yang telah mengikuti motivasi dan masyarakat yang tidak
mengikuti.
Adapun hal-hal yang perlu dicatat pada saat pengambilan data adalah sebagai
berikut;
- Proses kegiatan
masyarakat selama berlangsung yaitu keseriusan dan, keceriaan serta
kekompakan mereka dalam menanggapi kegiatan yang ditampilkan.
- Hasil partisipasi
masyarakat yang diperoleh dari kehadiran
4. Analisis dan
Refleksia. Prosedur Analisis
Peneliti harus menganalisis data yang diperoleh untuk memperoleh kepastian
bahwa dengan motivasi dan promosi dapat melibatkan masyarakat partisipatif,
aktif, serta dapat meningkatkan motivasi masyarakat dalam melestarikan budaya
baca. Analisis data merupakan hal yang sangat penting, maka dalam menganalisis
data perlu memperhatikan prosedur-prosedur dan tehnik-tehnik yang sesuai dengan
tujuan yang ingin dicapai. Prosedur tersebut adalah sebagai berikut : setelah
data di lapangan diperoleh, peneliti mencatat semua data yang diperoleh bila
perlu data tersebut diolah kemudian dianalisis. Hal ini diharapkan data
tersebut dapat mewakili apa yang dicari oleh peneliti. Untuk kemudian dapat digunakan untuk menyusun
refleksi.
b. Refleksi
Refleksi merupakan kegiatan interpretasi, integrasi terhadap semua
informasi yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian atau tindakan. Setelah
memperoleh data dan menemukan apa yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan
dengan penggunaan metode motivasi dan promosiyang dapat meningkatkan budaya
baca masyarakat di Desa Dinoyo Kecamatan luwokwaru kabupaten Malang, maka
refleksi dilakukan dengan pengamatan secara konfensional, karena dengan
strategi ini partisipan dan decision maker dituntut untuk cepat memahami serta
tanggap dalam memberikan solusi.
Dari sini, maka peneliti sangat perlu untuk mengadakan refleksi atau kajian
ulang dengan cara mengajak masyarakat dalam peminjaman dan menyumbang untuk
mengetahui apakah strategi motivasi dan promosi ini dapat terus diterapkan
ataukah hanya untuk sementara. Dan juga peneliti menanyakan tanggapan dan
masukan masyarakat atas tindakan tersebut baik berupa observasi lapangan atau
wawancara.
2.
Dampak Tindakan
Selain melakukan analisis dan refleksi, peneliti juga memperhatikan dan
mencatat dampak dari tindakan sebelumnya dimana dengan adanya beberapa tindakan
di atas mengakibatkan dampak baik bagi peneliti maupun bagi obyek yang diteliti
(perpustakaan dan masyarakat).
1) Bagi peneliti
Peneliti mengetahui penerapan strategi motivasi-promositerhadap peningkatan
motivasi budaya baca masyarakat Dinoyo Malang serta mereka dapat
mengaplikasikan apa yang telah di peroleh melalui tindakan kegitan ini.
2) Bagi obyek peneliti
Ketika Strategi motivasi dan promosi diterapkan, masyarakat tidak
lagi merasa bosan, canggung atau malas, tapi sebaliknya mereka akan semangat,
giat serta terus termotivasi untuk mengembangkan budaya baca dalam kehidupan
sehari-hari dan juga perpustakaan dapat menjadi tempat rekreasi, bermanfaat
serta dapat berkembang.
Untuk halaman selanjutnya KLIK DISINI
Untuk halaman selanjutnya KLIK DISINI
0 Komentar untuk "PAR (PARTICIPATORY ACTION RESEARCH ASSIGNMENT) “MEMBANGUN KESADARAN MASYARAKAT MELALUI PARTISIPASI DALAM MENGEMBANGKAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI WINDOW OF KNOWLEDGE (JENDELA ILMU PENGETAHUAN) DI MASJID JAMI’ DINOYO MALANG”"